Dalam dunia
otomotif mungkin kita masih agak asing dengan Mazda RX-8. Mobil ini pernah melejit namanya di dunia otomotif,
namun akhir-akhir ini juga pernah menjadi kontroversi bagi
para peminat mobil yang bertenaga besar. Banyak yang berpendapat negatif
terhadap Mazda RX-8 karena emisi
gas buangnya terlalu boros dan tidak ramah lingkungan. Walaupun banyak yang kurang berminat
menggunakan Mazda RX-8 karena
emisi gas buangnya yang boros dan tidak ramah lingkungan tetapi pihak dari Mazda RX-8 tidak akan pernah menyerah,
mereka akan melahirkan rotary wankel yang tentunya akan lebih powerful lagi dan
akan menghemat dalam penggunaan bahan bakar serta lebih rendah emisi.
Dalam
menciptakan karya terbarunya itu, pihak Mazda
RX-8 akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengembalikan nama Mazda RX-8 yang dulunya mendunia.
Mereka mempunyai cara jitu yaitu mereka akan mengawinkan
kekuatan baru rotary wankel dengan kehebatan Skyactive. Tak hanya berhenti sampai disitu saja,
mereka akan membuat Mazda RX-8
makin perkasa dengan sokongan dapur terbaru disertai dengan balutan dan
sentuhan fisiknya akan dibuat sebagus mungkin walaupun makin radikal tetapi
tetap memiliki bobot yang ringan. Hal itu dilakukan agar tampilannya lebih menarik
sehingga banyak peminat dan mesin menjadi ramah lingkungan.
Mazda RX-8 hadir
dengan setir kemudi yang terlihat atletis, dan jok depan dengan sport serta ada
layar sentuh LCD untuk sistem navigasi. Mazda
RX-8 terbaru ini dilengkapi dengan desain bumper dan fascia yang agresif
dan juga lampu depan memakai LED. Mobil Mazda RX-8 juga di perkuat dengan mesin
RESINES yang berkapasitas cukup tinggi 1,3 liter dengan tenaga 232 hp pada
putaran. Mesin 8500 rpm dan torsi puncak 159 lb-ft
menjadikan mobil ini lebih tangguh dibandingkan dengan mobil yang
lainnya. Tenaga tersebut di salurkan melalui sistem penggerak real wheel drive. Transmisi standart yang digunakan adalah 6 percepatan manual
dengan sistem pasokan bahan bakal multi port fuel injektion.
Dengan
adanya multi port injektion ini Mazda
RX-8 akan hemat bahan bakar tetapi tidak akan mengurangi kekencangan
mesin tersebut. Mobil Mazda RX-8
ini juga siap berhadapan dengan BMW M4 dan Mitsubishi Lancer Evo. Dengan bekal rotari engine yang merupakan terobosan teknologi Mazda, inilah yang menjadi
salah satu keistimewaan dari mobil tersebut.
Rotary engine
dan Mazda RX-8 merupakan salah
satu cara Mazda untuk menunjukkan kemampuannya dalam merancang mobil yang hemat
bahan bakar namun berkapasitas mesin yang tinggi
bermodel mobil sport. Banyak aplikasi yang di sajikan di bagian interior dan
juga eksteriornya. Di bagian interiornya
kesan ekslusif tercermin dari warna piano black yang menghiasi tunnel di bagian
tengahnya.